Luna's World

Ekskul Bisa Dorong Kepercayaan Diri dan Kreativitas Anak

Staedtler LUNA - Bunda tentu tahu kegiatan ekstrakulikuler atau ekskul di sekolah dong. Nah, sebenarnya apa sih manfaat dari kegiatan yang juga bertempat di sekolah itu bagi putra-putri kita?

Banyak orang berpendapat kecerdasan anak harus didukung dengan keterampilan, karena pada kenyataannya prestasi akademik walau sangat berguna tapi tidak melulu dapat menjamin keberhasilan atau kesuksesan mereka saat dewasa nanti. Untuk itulah banyak sekolah mengadakan kegiatan ekskul, agar murid-murid bisa mengasah keterampilan dan kreativitas mereka.

Ragam ekskul di sekolah juga cukup banyak, mulai dari yang mendorong bakat olahraga anak seperti ekskul sepakbola atau basket, sampai dengan ekskul yang mengasah jiwa seni seperti ekskul melukis, menari dll.

Kegiatan ekstrakurikuler sendiri bertujuan untuk membantu perkembangan siswa. Anak-anak akan memiliki kesempatan mengembangkan minat bakatnya melalui ekskul. Selain itu, ekskul melatih mereka untuk percaya akan kemampuannya sendiri karena diberi kesempatan untuk berkarya dan mengekspresikan diri. Kreativitas serta kepercayaan diri mereka juga akan semakin terasah. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak-anak akan lebih relaks dan gembira setelah melewati kegiatan belajar di kelas.

Nah Bunda, bila anak-anak kita ingin mengikuti kegiatan ekskul ada baiknya kita mendukung mereka. Sementara beberapa manfaat dari ekskul yang pernah dijabarkan situs berita Merdeka bisa Bunda simak seperti di bawah ini:

1. Menjadikan anak aktif. Kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang dan kesempatan kepada anak untuk menjadi pribadi yang aktif dan produktif. Karena mereka menghabiskan waktu dan energi untuk kegiatan yang positif, Bunda bisa sedikit bernapas lega. Sebab kemungkinan mereka untuk bersentuhan dengan hal-hal negatif di luar sekolah juga jadi berkurang.

Aktivitas yang tinggi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain meningkatkan metabolisme, sirkulasi darah, serta melatih stamina dan kewaspadaan mental. Melibatkan anak-anak dalam kegiatan ekstra kurikuler akan membuat mereka tetap aktif dan energik dan menurunkan risiko stres serta obesitas pada anak. Asalkan Bunda mengawasi agar mereka tidak memaksakan diri (baik secara psikologis maupun fisik) maka aktivitas ekstrakurikuler akan mendatangkan manfaat positif bagi anak Anda.

2. Mengajarkan kerja sama tim. Dalam kegiatan ekstrakurikuler umumnya anak akan bertemu dengan teman-teman baru dan dalam beberapa hal harus mencoba bekerja sama dengan mereka. Bahkan ekskul yang tampaknya kurang dalam aspek sosialisasi seperti menjadi anggota perpustakaan pun tetap butuh interaksi dan sosialisasi dengan orang lain. Hal seperti ini akan mengajarkan anak untuk komunikasi dan koordinasi sejak dini. Dan pastinya ikut meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam bersosialisasi.

Mereka akan belajar untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan cara positif, dan pada akhirnya pengalaman bersosialisasi ini akan menjadikan mereka pribadi yang lebih terbuka dan tegar.

3. Menyalurkan energi dan kreativitas. Salah satu sisi positif dari ekstrakurikuler yang tidak bisa diabaikan adalah kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi anak untuk menyalurkan energi dan kreativitas dengan cara yang positif. Melalui kegiatan ekstrakurikuler anak jadi bisa menyalurkan minat. Mereka jadi terdorong untuk mengembangkan bakatnya.

4. Mengurangi risiko stres. Ketika seseorang melakukan kegiatan yang disukai di antara serangkaian rutinitas yang harus dijalani setiap hari, kemampuan mereka dalam menghadapi stres juga semakin tinggi. Hal yang sama juga berlaku bagi anak-anak. Kegiatan sekolah dan tugas rumah yang padat bisa membuat mereka rawan terkena stres. Dan melakukan hal-hal yang menyenangkan di luar aktivitas sekolah bisa menjadi terapi anti depresi yang ampuh untuk mereka. Selama aktivitas ekstrakurikuler anak mendapat kesempatan untuk bersantai dan melepaskan ketegangan selama jam pelajaran.

5. Belajar manajemen waktu. Dengan mengikuti aktivitas ekstrakurikuler anak jadi memiliki banyak kegiatan. Dan dengan memiliki aktivitas yang padat seperti ini mau tak mau mereka harus belajar untuk mengatur dan memprioritaskan waktu. Hal seperti ini akan berguna untuk mereka di masa depan.

Nah bunda, jadi jangan pernah berhenti mendukung putra-putri kita untuk melakukan aktivitas yang positif. 

 

 

Penulis : Robert Michael


Artikel Tumbuh Kembang Anak Lainnya

Yuk, Ajarkan Anak Cara Mencuci Tangan

Hai Luners, tahu nggak sih, tanggal 15 Oktober telah ditetapkan sebagai hari Cuci Tangan Sedunia?... more

Makna Ajarkan si Kecil Berpuasa

Mengajarkan puasa kepada anak sejak dini memberikan banyak nilai positif. Sebagai orangtua, Bunda... more

Tips Agar Anak Tak Mengantuk Saat Belajar

"Serangan" kantuk seringkali datang saat anak tengah konsentrasi belajar. Mungkin tak sedikit di... more

Mengapa Anak Sering Mengalami Cegukan?

Cegukan adalah kondisi ketika otot diagfragma yang memisahkan bagian rongga dada dan perut... more

Tips Ampuh Menghentikan Cegukan

Tips cara ampuh menghilangkan cegukan pada anak. Meskipun belum diuji secara medis, namun cara... more

Resep Sehat Anak

Dragon Fruit Creme Menyegarkan

Membuat minuman menyegarkan pasti bisa membuat buah hati senang ya Bunda. Untuk itu, tak ada... more

Biskuit Cap Tangan Anak

Membuat Biskuit cap tangan anak pasti seru ya, Bunda. Adik kecil bisa membantu membuat makanan... more

Cara Membuat Kue Cinta Bunda

Mengungkapkan cinta banyak caranya. Apalagi ditunjukan untuk orang tua maupun anak tersayang. Di... more

Quiche Labu Krim Keju untuk si Kecil

Anak kecil memliki dua dominan rasa kesukaan, yang pertama coklat, dan rasa keua adalah keju.... more

Puding Coklat Selimut Saus Strawberry

Kalau adik kecil tidak mau meminum susu, bisa diakali dengan membuat pudding coklat, Bunda.... more

Pojok Bunda

Perbedaan Manfaat Membatik untuk Anak dan Dewasa

Membatik bisa memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut berbeda jika diaplikasikan kepada anak... more

Adik Kecil Senang Menyoret Tembok?

Adik kecil di rumah senang sekali menyoret tembok. Biasanya kebiasaan ini terjadi saat adik... more

Mengenal Anak Dengan Gambarnya

Sebagai orangtua, kita bisa mengenal anak dari gambar yang mereka buat. Anak pun sudah mulai bisa... more

Mulai Tahun Depan, Anak Harus TK/PAUD Sebelum Masuk SD

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai tahun depan mewajibkan anak untuk ikut... more

Liburan Sekolah, Ikut Summer Class Pasti Menarik untuk Anak!

Belajar saat sekolah libur adalah kesempatan untuk mempertahankan semangat mereka yang telah... more