Luna's World

Manfaat PAUD untuk Dukung Anak Kreatif dan Cerdas

Staedtler LUNA - Bunda, tahukah mulai tahun ini Kementerian Pendidikan mewajibkan anak-anak untuk mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD) sebelum masuk SD. Toh kita tentu ingin melihat putra-putri kita tumbuh menjadi anak kreatif dan cerdas bukan. Nah, terkait dengan aturan ini maka Bunda wajib mengetahui apa-apa saja manfaat dari PAUD, sebagaimana dijabarkan oleh the Asian Parent. Yuk kita simak:

1. Membantu pembentukan struktur otak anak. Seperti yang kita sering dengar, pada usia 5 tahun pertumbuhan otak mencapai 90% dari ukuran otak saat dewasa nanti. Jadi, tahun-tahun pertama adalah masa kritis bagi anak. Pengalaman-pengalaman mereka di masa tersebut memberikan efek jangka panjang untuk masa depannya.

2. Memiliki pencapaian akademis lebih baik. Anak-anak usia prasekolah umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dengan bermain dan belajar di PAUD rasa ingin tahu anak bisa terpenuhi. Tentu saja ini akan memberikan efek positif pada performa akademisnya kelak.

Hal ini juga dikuatkan oleh beberapa penelitian, bahwa anak-anak yang masuk ke sekolah pendidikan usia dini ternyata jarang mengulang pelajaran. Mereka juga memiliki rating kelulusan yang lebih tinggi. Terjawabnya rasa ingin tahu anak juga akan mendorong mereka untuk terus bersemangat belajar semenjak dini.

3. Sebagai tambahan aktivitas harian anak yang lebih berstruktur. Di rumah si kecil mungkin terbiasa hanya main-mainan yang ada, seperti mobil-mobilan, robot, atau boneka. Dengan mengikuti kegiatan di PAUD/TK anak akan bermain hal lain yang ia tidak mainkan di rumah, yang tentunya akan bermanfaat bagi perkembangan anak.

Kurikulum PAUD umumnya juga menyertakan olahraga sebagai salah satu aktivitas fisik anak. Olahraga ringan seperti kesimbangan, berlari, berayun adalah beberapa keterampilan fisik yang perlu anak pelajari selama proses tumbuh kembangnya.

4. Mendorong perkembangan emosi-sosial. Selama belajar di PAUD/TK mau tidak mau anak akan belajar berinteraksi dan bekerja sama dengan teman-temannya, serta mengikuti aturan-aturan tertentu.

Memahami aturan dan berinteraksi dengan lebih banyak orang akan membantu anak lebih siap menghadapi dunia yang lebih luas. Anak akan belajar bagaimana cara berinteraksi dengan tepat dan efektif. Keterampilan semacam ini telah lama diklaim sebagai salah satu manfaat jangka panjang dari bersekolah di PAUD/TK.

5. Belajar disiplin dan mengikuti aturan atau perintah dengan menyenangkan. Di dalam kelas, anak-anak tentu harus mengikuti aturan tertentu. Misalnya, belajar untuk bersabar dalam antrian, mengikuti perintah guru untuk bergiliran dan masih banyak lagi. Itu semua adalah hal yang mungkin tidak akan ia peroleh di lingkungan rumah dan keluarga besarnya.

6. Mendorong anak untuk berani belajar menulis, membaca dan berhitung. Anak akan belajar menghubungkan titik-titik, menebalkan garis putus yang membentuk angka dan huruf, atau malah berlatih menulis huruf dan angkanya sendiri.

Ini adalah keterampilan dasar untuk membaca dan menulis dengan cara yang menyenangkan, meskipun hasilnya masih belum seperti yang diharapkan. Kegiatan ini juga akan mendorong anak untuk mempersiapkan diri masuk ke jenjang sekolah lebih tinggi.

7. Mendorong minat baca anak. Masalah membaca adalah salah satu perhatian utama para orangtua dibanding masalah sekolah yang lain. Bersekolah di PAUD membantu anak untuk memulai keterampilan membaca dan menumbuhkan minatnya dengan cara yang menyenangkan.

Contohnya adalah menyusun alfabet di pohon huruf, bermain flash card huruf bersama teman, menyusun puzzle, bernyanyi, juga mendengarkan dongeng.

8. Mendorong rasa percaya diri pada anak. Anak pada usia prasekolah (3-5 tahun) sangat membutuhkan bimbingan untuk membangun konsep diri yang kuat. Guru-guru PAUD umumnya menghargai apapun hasil pekerjaan anak atau mampu memberikan saran dengan cara yang lebih positif. Penghargaan dalam bentuk verbal serta sering dilakukan akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

9. Lebih siap untuk masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Kebiasaan di sekolah, keteraturan waktu beraktivitas, juga kemandirian dalam memenuhi kebutuhannya, membuat anak lebih siap saat nanti memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

10. Mendorong anak untuk mendapat nilai lebih baik di sekolah lanjutan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan kesiapan anak untuk bersekolah. Misalnya, mampu untuk belajar mandiri, tingkat keterbacaan lebih baik, dan pemahaman dasar matematika.

Nah Bunda, sudah tahu kan berbagai manfaat dari PAUD. Jadi tidak usah ragu-ragu untuk memasukkan putra-putri kita untuk mendukung tumbuh kembang mereka menjadi anak kreatif dan cerdas.

 

 

Penulis : Robert Michael

Pic : 123RF


Artikel Tumbuh Kembang Anak Lainnya

Yuk, Ajarkan Anak Cara Mencuci Tangan

Hai Luners, tahu nggak sih, tanggal 15 Oktober telah ditetapkan sebagai hari Cuci Tangan Sedunia?... more

Makna Ajarkan si Kecil Berpuasa

Mengajarkan puasa kepada anak sejak dini memberikan banyak nilai positif. Sebagai orangtua, Bunda... more

Tips Agar Anak Tak Mengantuk Saat Belajar

"Serangan" kantuk seringkali datang saat anak tengah konsentrasi belajar. Mungkin tak sedikit di... more

Mengapa Anak Sering Mengalami Cegukan?

Cegukan adalah kondisi ketika otot diagfragma yang memisahkan bagian rongga dada dan perut... more

Tips Ampuh Menghentikan Cegukan

Tips cara ampuh menghilangkan cegukan pada anak. Meskipun belum diuji secara medis, namun cara... more

Resep Sehat Anak

Dragon Fruit Creme Menyegarkan

Membuat minuman menyegarkan pasti bisa membuat buah hati senang ya Bunda. Untuk itu, tak ada... more

Biskuit Cap Tangan Anak

Membuat Biskuit cap tangan anak pasti seru ya, Bunda. Adik kecil bisa membantu membuat makanan... more

Cara Membuat Kue Cinta Bunda

Mengungkapkan cinta banyak caranya. Apalagi ditunjukan untuk orang tua maupun anak tersayang. Di... more

Quiche Labu Krim Keju untuk si Kecil

Anak kecil memliki dua dominan rasa kesukaan, yang pertama coklat, dan rasa keua adalah keju.... more

Puding Coklat Selimut Saus Strawberry

Kalau adik kecil tidak mau meminum susu, bisa diakali dengan membuat pudding coklat, Bunda.... more

Pojok Bunda

Perbedaan Manfaat Membatik untuk Anak dan Dewasa

Membatik bisa memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut berbeda jika diaplikasikan kepada anak... more

Adik Kecil Senang Menyoret Tembok?

Adik kecil di rumah senang sekali menyoret tembok. Biasanya kebiasaan ini terjadi saat adik... more

Mengenal Anak Dengan Gambarnya

Sebagai orangtua, kita bisa mengenal anak dari gambar yang mereka buat. Anak pun sudah mulai bisa... more

Mulai Tahun Depan, Anak Harus TK/PAUD Sebelum Masuk SD

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai tahun depan mewajibkan anak untuk ikut... more

Liburan Sekolah, Ikut Summer Class Pasti Menarik untuk Anak!

Belajar saat sekolah libur adalah kesempatan untuk mempertahankan semangat mereka yang telah... more